Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sensasi Liburan Ala Eropa di The Heritage Palace Solo

Wisata The Heritage Palace Solo - Kota Solo merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata. Anda bisa menghabiskan liburan di Kota Solo dengan berbagai pengalaman menyenangkan melalui beragam tempat wisata yang ada di Kota Solo. 

Tentunya, wisata di kota Solo tidak kalah menakjubkan dari kota-kota yang lain. Salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Kota Solo adalah The Heritage Palace.

Kota Solo memang terkenal dengan nuansa budaya dan kerajaan zaman dahulu. Dulu, kota Solo pernah menjadi bagian dari wilayah kerajaan Mataram dan menjadi pusat pemerintahan. Tak heran jika nuansa budaya dan sejarah nya masih melekat hingga saat ini.

Kota Solo memiliki beberapa destinasi wisata yang cocok untuk Anda dan keluarga dalam menghabiskan waktu liburan. Jadi, tak ada salahnya jika Anda mampir ke kota Solo sejenak untuk menikmati suasana budaya dan sejarah kerajaan zaman dahulu. 

Namun, jika Anda mencari suasana yang lain, di kota Solo mempunyai wisata yang bernuansa ala Eropa loh yaitu The Heritage Palace.

The Heritage Palace adalah destinasi wisata di Kota Solo yang bernuansa Eropa. Jika Anda sedang berada di kota Solo, wajib untuk Anda mengunjungi The Heritage Palace. Apalagi dengan nuansa ala Eropa yang dihadirkan di The Heritage Palace Solo, membuat The Heritage Palace menjadi destinasi liburan yang menarik untuk dikunjungi.

The Heritage Palace Solo
Destinasi Wisata Solo
Source Web

Tempat wisata ini telah dibuka sejak 18 Juni 2018. Dulu, The Heritage Palace merupakan bekas pabrik gula yang bernama Gembongan. Sama seperti de Tjolomadoe yang sebelum nya juga merupakan bekas pabrik gula. 

Pabrik gula Gombongan merupakan bekas peninggalan BelAnda yang berdiri sejak 1812 silam. Tak heran jika nuansa di The Heritage Palace kental akan nuansa Eropa klasik.

The Heritage Palace memiliki kawasan indoor dan outdoor yang bisa memanjakan mata Anda. Di kawasan outdoor, pemandangan pabrik gula kuno dari luar akan membuat Anda kagum.

Tembok dan cat yang masih bertahan sejak dulu akan membuat Anda seolah-olah sedang berada di Eropa. Selain itu, juga tersedia spot untuk Anda berfoto-foto ria, seperti spot ayunan, sepeda dan bangku taman.

Fasilitas The Heritage Palace

Kawasan The Heritage Palace ini sebenarnya adalah bangunan cagar budaya atau BCB yang memiliki luas lahan 2,2 hektar. Tempat wisata ini setidaknya memiliki sembilan bangunan kuno yang merupakan area bekas pabrik gula. Sembilan bangunan kuno ini masih lengkap dan tidak berubah sejak dulu. Namun sayangnya dari sembilan bangunan kuno yang tersedia, hanya tiga bangunan yang bisa dibuka untuk umum.

Lalu di kawasan outdoor, terdapat museum dan wahana-wahana yang bisa membuat Anda semakin betah berlama-lama di The Heritage Palace. Ada berbagai macam wahana yang bisa Anda nikmati di The Heritage Palace. Seperti, Museum 3D Trick Art & Omah Walik, Museum Transportasi, Museum Industri, Garden Retro Paradise, Convention Hall, dan juga Kids Town & Food Street. 

Tentunya, museum di sini akan memperlihatkan bagaimana keadaan pabrik gula pada zaman dahulu.
Salah satu tempat yang cukup menarik dari The Heritage Palace ini adalah pada bagian luar halaman bangunan yang menjadi museum transportasi. 

Sehingga pada bagian ini banyak sekali mobil-mobil kuno yang dipajang. Bahkan pada halaman ini terdapat juga Mobil Dodge yang dibuat pada tahun 1948, dimana mobil ini dulunya pernah digunakan oleh Presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. 

Selain itu juga terdapat koleksi mobil pemadam kebakaran yang dikeluarkan pada tahun 1963. Bisa dibilang The Heritage Palace ini sama seperti museum Angkut di kota Malang, namun dalam versi yang minimalisnya.

Harga Tiket Masuk The Heritage Palace Solo

Untuk harga tiket masuk The Heritage Palace ini adalah Rp. 40.000 per orang untuk tiket gate dan transportasi museum. Namun bagi Anda yang ingin menikmati Museum 3D, Anda bisa menikmatinya dengan membeli tiket tambahan Rp. 25.000 per orang. 

Selain itu, Anda juga bisa membeli tiket terusan dengan harga Rp. 55.000 per orang, cukup terjangkau bukan?
Dengan harga tiket yang sangat terjangkau, kita sudah bisa menikmati suasana Eropa jaman dulu dan juga fasilitas-fasilitas menarik lainnya yang ditawarkan oleh The Heritage Palace Solo ini.

Lokasi Dan Jam Operasional The Heritage Palace Solo

Setelah membaca ulasan saya mengenai fasilitas apa saja yang terdapat pada tempat wisata ini, tentu saja Anda akan langsung penasaran dengan lokasi The Heritage Palace kan? The Heritage Palace berlokasi di Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo RT 002/008, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.

Jarak antara pusat Kota Solo dengan The Heritage Palace ini sekitar 10 Km, sehingga akan membutuhkan waktu 30 menitan jika dari Pusat Kota Solo menuju tempat wisata ini.
The Heritage Palace buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB - 18.00 WIB, sedang untuk pembelian tiket maksimal pukul 17.00 WIB.

Tips Liburan di The Heritage Palace Solo

Bagi Anda yang ingin berwisata di The Heritage Palace ini disarankan untuk datang pada waktu sore hari, karena mengingat tempat wisata ini memiliki wahana outdoor yang menarik sehingga untuk mengantisipasi agar Anda tidak merasa kepanasan jika datang ke tempat wisata ini pada siang hari.

Namun jika Anda memaksa datang ke tempat wisata ini pada siang hari, sebaiknya Anda siapkan kacamata hitam dan juga payung agar tidak silau dan kepanasan di siang hari. 

Itulah pembahasan mengenai sensasi liburan ala eropa di The Heritage Palace Solo. Semoga setelah membaca postingan ini, Anda mendapatkna panduan referensi liburan yang akurat. Terima kasih.


Post a Comment for "Sensasi Liburan Ala Eropa di The Heritage Palace Solo"

Berlangganan via Email