Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Istana Maimun : Wisata Edukasi dan Wisata Sejarah di Sumatera Utara

Wisata Istana MaimunIstana Maimun merupakan salah satu destinasi wisata edukasi di Sumatera Utara yang menyimpan banyak sekali peninggalan sejarah Kerajaan Deli. Destinasi wisata di Sumatera Utara ini juga menjadi ikon utama dari Kota Medan. Maka dari itu tak heran jika Istana Maimun saat ini sudah menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Ada banyak sekali sejarah yang sangat menarik untuk digali dari Istana Maimun.

Lokasi Wisata Istana Maimun

Istana Maimun

Istana Maimun berlokasi di Jalan Sultan Ma’moen Al-Rasyid No. 66, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara.Istana Maimun juga sering dijadikan sebagai lokasi wisata edukasi bagi para sekolah-sekolah yang ada di Kota Medan. Maka dari itu tak heran jika Anda berlibur ke tempat wisata ini sering melihat banyak sekali anak-anak sekolah yang sedang mengadakan Study Tour dan digunakan sebagai wisata edukasi.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Wisata Istana Maimun

Istana Maimun buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00. Jadi bagi Anda semua yang ingin berkunjung ke Istana Maimun harus sesuai dengan jam dan waktu operasionalnya yah. Harga tiket masuknya juga terbilang sangat terjangkau. 

Untuk wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara harga tiket masuknya sebesar Rp.5.000,- / orang. Sementara untuk biaya parkir disesuaikan dengan kendaraan yang dibawa. Untuk kendaraan roda 2 biaya parkirnya sebesar Rp.2.000,- dan untuk kendaraan roda 4 tarif parkirnya sebesar Rp.5.000,-

Keunggulan Wisata Istana Maimun

Di dalam Istana Maimun juga terdapat sebuah fenomena yang sangat unik, tidak lain dan tidak bukan adalah Fenomena Meriam Puntung. Meriam Puntung juga menjadi saksi bisu tentang adanya Kerajaaan Deli. Ada banyak sekali mitos yang beredar mengenai keberadaan Meriam Puntung Tersebut.

Masyarakat sekitar percaya bahwa Meriam Puntung merupakan jelmaan dari anggota Kerajaan Deli yang bernama Mambang Khayali. Beliau merupakan adik dari Putri Hijau. Mambang Khayali berubah menjadi Meriam Puntung untuk mempertahankan istana saat diserbu oleh Raja Aceh yang pada saat itu pinangannya ditolak oleh Putri Hijau.

Di dalam ruangan Istana Maimun terdapat banyak sekali peninggalan Kerajaan Deli yang dapat Anda lihat. Pihak pengelola tempat wisata ini juga menyediakan berbagai macam baju budaya Kerajaan Deli yang dapat disewa saat berada di dalam area Istana Maimun. 

Harga sewanya juga tergantung dari baju budaya yang dipakai. Tarifnya berkisar antara Rp.50.000,- S/D Rp.150.000,-Para wisatawan yang datang juga bisa mengabadikan momen ketika berada di Istana Maimun dengan berfoto selfie. Dijamin deh koleksi foto yang Anda ambil akan terlihat sangat menarik.

Mungkin banyak dari Anda yang penasaran tentang asal usul dari nama tempat wisata tersebut. Nama Maimun sendiri diambil dari nama istri Sultan Makmun, yakni Maimunah yang saat itu sedang menjabat sebagai raja di Kerajaan Deli. Dalam bahasa arab sendiri Maimunah berarti berkah atau rahmat. Bangunan yang ada di Istana Maimun juga terlihat sangat megah dengan arsitektur bergaya modern.

Tips Saat Berkunjung ke Istana Maimun

Saat berada di lokasi Istana Maimun, Anda juga sangat diwajibkan untuk senantiasa menjaga kebersihan. Karena memang Wisata Istana Maimun sangat terkenal dengan kebersihannya.

 Usahakanlah dengan semaksimal mungkin untuk tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini dilakukan agar kebersihan dan juga kelestarian Istana Maimun dapat terjaga dengan baik.

Itulah sekilas ulasan tentang Istana Maimun, Wisata Edukasi dan Wisata Sejarah di Sumatera Utara. Jadi bagi Anda semua yang saat ini sedang mencari tempat wisata untuk berlibur, mengunjungi Istana Maimun mungkin bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.


Post a Comment for "Istana Maimun : Wisata Edukasi dan Wisata Sejarah di Sumatera Utara"

Berlangganan via Email