Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Anda Kunjungi

Rekomendasi Tempat Wisata di Solo - Solo adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Solo sebenarnya memiliki nama resmi Surakarta yang memang sudah terkenal bagi kalangan wisatawan. 

Bukan hanya memiliki latar sejarah yang sangat kental, namun kota Solo juga memiliki bentang alam yang sangat cantik. Tidak heran jika ada banyak sekali tempat wisata di solo yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata di solo sangat beragam mulai dari wisata religi, budaya, sejarah sampai wisata modern.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Nah bagi anda yang ingin berkunjung ke solo dan sedang mencari rekomendasi tempat wisata di Solo. Berikut adalah beberapa daftar rekomendasi tempat wisata di solo yang wajib anda kunjungi saat sedang berada di Solo.

1. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu Solo

Rekomendasi tempat wisata di solo pertama yang wajib anda kunjungi adalah grojongan sewu Tawangmangu.  Tempat wisata ini tentu saja sudah banyak dikenal oleh orang-orang bahkan di luar solo sekalipun. Tawangmangu adalah tempat wisata berupa air terjun dengan tinggi 80 meter yang berada di sisi barat Gunung Lawu.

Grojogan Sewu Tawangmangu berada sekitar 37 Kilometer dari pusat Kota Solo. Air terjun ini adalah air terjun yang paling tinggi di Jawa Tengah. Untuk bisa menuju ke lokasi, setidaknya wisatawan harus bisa mendaki setidaknya 1000 anak tangga agar bisa sampai ke puncak air terjun.

Keunggulan dari Grojogan Sewu Tawangmangu adalah pemandangan yang indah di kanan dan kiri, sehingga perjalanan akan menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Mitos dari Grojogan Sewu Tawangmangu adalah pasangan tidak boleh datang kesini jika tidak ingin kisah asmara mereka bubar di tengah jalan.

2. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari Solo

Taman Sriwedari adalah rekomendasi tempat wisata di solo berikutnya. Tempat wisata ini adalah kompleks pertamanan yang berada di daerah Laweyan yang sudah ada sejak kepemimpinan dari Pakubuwana X. Saat ini Taman Sriwedari juga biasa digunakan untuk tempat pertunjukan wayang orang. DI bagian dinding atas Taman Sriwedari ini terdapat lukisan besar yang bercerita tentang Mahabarata yang bertajuk “Kresno Duto”.

Taman Sriwedari terdapat gedung khusus yaitu Gedung Wayang Orang yang biasanya menjadi tempat pertunjukan wayang orang. Taman sriwedari saat ini sudah menjadi tempat hiburan, budaya dan juga seni oleh Masyarakat Solo dan sekitarnya. Jika anda berminat untuk mampir ke Taman Sriwedari, anda bisa datang pada pukul 10 pagi hingga 10 malam. Harga tiket dari Taman Sriwedari ini juga sangat terjangkau, yaitu 3 ribu saja per orang.

3. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta Solo

Jika Anda berminat untuk mencari tempat wisata di kota Solo yang erat hubungannya dengan sejarah maka Keraton Surakarta adalah jawabannya. Keraton Surakarta adalah bangunan yang didirikan oleh Pakubuwana II di tahun 1744 sebagai ganti dari keraton Kartasura yang sudah hancur lebur karena peristiwa Geger Pecinan pada tahun 1743.

Sampai saat ini bangunan ini masih difungsikan untuk tempat tinggal dari Sri Sunan dan juga menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat dari luar kota Solo yang sedang berkunjung ke kota Solo. Kompleks dari Keraton Surakarta ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu Alun-alun kidul ,Alun-alun lor, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan kidul, Kedaton dan juga Kamagangan.

Masing-masing komplek yang ada ini tentu saja memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bagi Anda yang ingin melihat koleksi peninggalan sejarah dari kasunanan Solo maka anda bisa datang ke Keraton Surakarta. Disini Anda bisa melihat replika pusaka keraton, gamelan dan masih banyak lagi benda lain yang merupakan pemberian dari raja-raja Eropa.

4. Taman Balekambang

Taman Balekambang Solo

Tempat wisata di Solo berikutnya adalah Taman Balekambang. Jika anda adalah orang yang suka dengan tempat wisata suasana asri dan pepohonan yang hijau maka anda bisa datang ke taman Balekambang yang berada di jalan Ahmad Yani, Solo. Taman Balekambang memiliki luas 10 hektar yang dibuat oleh KGPAA Mangkunegara VII di tahun 1921 dengan tujuan untuk kedua putrinya.

Komplek yang ada di Taman Balekambang ini dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah kompleks Partina Bosch yang berisi berbagai tanaman langka seperti beringin putih, kenari, beringin sonsang dan juga apel coklat. Komplek berikutnya adalah Partini Tuin atau taman air Partini, pada kompleks ini hanya tersedia kolam air dengan perahu hias yang bisa kita naiki jika sedang berkunjung ke taman Balekambang Solo.

Taman Balekambang ini pernah mengalami revitalisasi di tahun 2008 dan mulai dibuka untuk umum sebagai tempat rekreasi atau pusat taman seni.

5. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman Solo

Tempat wisata di Solo berikutnya adalah Kampung Batik Kauman. Solo identik dengan batik khasnya sendiri, nah jika anda tertarik untuk melihat bagaimana sih proses pembatikan kain manual, anda bisa datang ke kampung batik kauman.

Tempat wisata ini berada tidak jauh dari Keraton Surakarta. Disini wisatawan bisa mendapatkan beragam batik dengan motif dan corak yang bermacam-macam. Pada umumnya, batik yang diproduksi oleh Kampung Batik Kauman ini adalah batik cap, batik tulis dan juga batik kombinasi dengan motif yang modern dan juga warna yang gelap.

Kualitas produk Batik dari Kampung Batik Kauman ini sudah tidak perlu diragukan lagi, bahkan sudah terkenal hingga ke luar negeri loh. Banyak juga wisatawan yang sengaja datang kesini untuk memborong batik, entah itu untuk oleh-oleh atau untuk dijual lagi.

6. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran Solo

Rekomendasi tempat wisata di Solo berikutnya adalah Pura Mangkunegaran. Selain Keraton Surakarta, Solo juga memiliki Pura Mangkunegaran yang merupakan bagunan yang sangat indah dan megah. Pura Mangkunegaran ini menjadi kediaman dari pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran. Bangunan ini berada di Jalan Ronggowarsito, dekat dengan pusat kota Solo.

Pura Mangkunegaran menyimpan beragam koleksi peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit dan juga Kerajaan Mataram. Ketika anda memasuki area Pura, anda akan langsung melihat halaman yang luas dengan arsitektur khas Eropa-Jawa lengkap dengan seperangkat gamelan.

Waktu yang paling cocok untuk mengunjungi tempat wisata Pura Mangkunegaran ini adalah ketika Hari Rabu, Sebab ketika Hari Rabu akan digelar pertunjukan gamelan yang memang menjadi aktivitas rutin setiap hari Rabu Selain itu terdapat juga sanggar tari Tradisional dan juga modern yang melakukan latihan disini setiap hari saat sore hari.

7. Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun Binatang Taru Jurug

Bagi anda yang sedang berwisata di Solo bersama buah hati, mungkin Tempat wisata di solo yang satu ini cocok untuk anda jadikan pilihan. Kebun binatang Taru Jurug adalah kebun binatang yang berada di Jalan Ir Sutami, Kentingan, Jebres, Solo. Bisa dibilang kebun binatang Jurug ini menjadi salah satu kebun binatang termurah di Indonesia, dengan membayar tiket Rp8.000 anda sudah bisa melihat beragam satwa yang ada di tempat wisata ini.

Taman Satwa Taru Jurug ini didirikan oleh Sultan Hamengkubuwono X di tahun 1870 sebagai tempat konservasi dari flora dan juga fauna. Semakin kesini, koleksi yang ada di kebun binatang ini semakin bertambah. Di Tempat wisata di Solo ini, kita bisa menjumpai berbagai macam satwa langka misalnya seperti Merak Hijau, Harimau Sumatera, Komodo, Iguana dan masih banyak lagi.

Yang menarik dari tempat wisata Solo yang satu ini adalah kita bisa menaiki gajah yang memang khusus disewakan kepada wisatawan. Jam operasional dari Kebun Binatang Satwa Taru Jurug ini mulai dibuka pukul 7 pagi hingga 5 sore.

8. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro

Rekomendasi tempat wisata hits di Solo berikutnya adalah Agrowisata Sondokoro. Sebenarnya Agrowisata Sondokoro ini dulunya adalah pabrik gula yang kemudian dialih fungsikan sebagai tempat wisata yang hits dan banyak dikunjungi oleh anak muda di Solo. Agrowisata Sondokoro berada sekitar 5 Km dari Kota Solo, tepatnya berada di Jalan Mangkunegara, Tasikmadu, Surakarta. Disini anda bisa menikmati suasana alam yang masih asri lengkap dengan pepohonan rindang yang memanjakan mata dan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke tempat wisata di Solo ini.

Di Agrowisata Sondokoro anda bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang ada seperti kolam renang lengkap berbagai ukuran, tempat terapi ikan, dan juga bermain flying fox loh. Yang membuat tempat wisata Solo ini menarik adalah terdapat monumen Lokomotif yang bisa dijadikan sebagai background untuk berfoto.

9. Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market

Bagi anda yang sedang mencari tempat wisata malam di Solo, sepertinya anda harus mengunjungi Ngarsopuro Night Market. Tempat wisata ini berada di sepanjang jalan Diponegoro, Keprabon, Surakarta. Ngarsopuro Night Market mulai beroperasi setiap hari sabtu jam 4 Sore hingga Jam 11 malam. Tempat wisata di Solo ini menawarkan sensasi liburan yang seru di malam hari yang pastinya tidak akan anda lupakan.

Selai banyak tempat wisata belanja, Ngarsopuro Night Market juga memiliki banyak sekali kuliner khas Solo yang bisa anda coba. Konsep pasar malam sangat kental pada Ngarsopuro Night Market, lengkap dengan penataan yang rapi dan teratur membuat tempat wisata malam di Solo ini menjadi pilihan banyak orang yang ingin menghabiskan malam Minggu di kota Solo.

10. Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa Water World Solo Baru

Berikutnya ada Pandawa Water World Solo Baru yang terletak di Kompleks Pandawa Solo Baru, Sukoharjo. Pandawa Water World Solo Baru adalah taman rekreasi air yang diresmikan pada tahun 2007 dengan konsep cerita pewayangan. Disini anda bisa melihat patung-patung tokoh pewayangan di setiap sudut tempat.

Selain itu terdapat juga patung berukuran raksasa yang menggambarkan tokoh yang ada dalam pewayangan seperti Sadewa, Nakula, Arjuna, Drupadi dan masih banyak lagi. Pandawa Water World Solo Baru menyediakan 27 wahana permainan yang seru dan cocok untuk anda coba ketika sedang berwisata di Kota Solo.

11. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka

Bagi anda yang suka dengan tempat wisata sejarah, mungkin anda bisa mendatangi Museum Radya Pustaka yang sudah ada sejak tahun 1890 lalu, namun kemudian lokasinya pindah di tahun 1913. Museum Radya Pustaka memiliki berbagai macam koleksi benda kuno peninggalan sejarah Keraton Mataram dan masih ada benda lain yang memiliki hubungan erat dengan Kota Solo.

Museum Radya Pustaka memiliki gamelan, batu peninggalan zaman Hindu Budha, Arca Perunggu, keramik dan juga pusaka tradisional seperti keris yang bisa anda lihat. Salah satu koleksi yang paling banyak dicari adalah Buku Kuno Wulangreh Karya Pakubuwono IV yang berisi petunjuk pemerintahan ada disini.

12. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg

Berikutnya ada tempat wisata bersejarah di Solo yaitu Benteng Vastenburg. Benteng Vastenburg adalah bangunan bersejarah peninggalan zaman kolonial Belanda yang sudah dibangun sejak tahun 1774 lalu. Benteng Vastenburg didirikan atas perintah dari Gubernur Jenderal baron Van Imhoff yang bertugas untuk mengontrol pemerintahan Keraton Surakarta.

Benteng Vastenburg memiliki fungsi sebagai tempat untuk mengawasi aktivitas Pemerintahan Keraton Surakarta pada masa itu, namun selain itu tempat ini juga digunakan sebagai tempat pesta pora dan juga penyiksaan terhadap pribumi.

Anda bisa mendapatkan pengalaman dan juga informasi yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya terkait sejarah Indonesia jaman dulu ketika masih dijajah oleh Belanda di Benteng Vastenburg ini.

13. Pasar Antik Triwindu

Pasar Antik Triwindu

Rekomendasi tempat wisata di Solo berikutnya adalah Pasar Antik Triwindu. Disini anda akan dibawa kembali ke masa lalu dengan koleksi barang antik yang lengkap mulai dari kain batik kuno, koin dan uang kuno, ornamen wayang pada papan kayu antik, bahkan onderdil motor atau otomotif yang sudah langka saat ini.

Bagi penggemar barang antik tentu saja Pasar Antik Triwindu adalah surganya barang antik. Anda harus bisa pandai melakukan tawar menawar dengan penjual supaya bisa mendapatkan barang antik dengan harga yang miring tentunya.

Yang unik dari Pasar Antik Triwindu adalah kita bisa melakukan barter disini. Jadi bagi anda yang memiliki barang antik, anda bisa menukarkan barang antik tersebut dengan barang lain yang dijual disini sesuai kesepakatan.

14. Candi Sukuh

Candi Sukuh Solo

Candi Sukuh adalah candi Hindu yang merupakan salah satu situs warisan dunia menurut UNESCO sejak tahun 1995 lalu. Tempat wisata di Solo ini pertama kali ditemukan pada tahun 1815 oleh Johnson yang saat itu mendapatkan tugas oleh THomas Stanford Raffles untuk mengumpulkan data untuk penyusunan buku berjudul History Of Java.

Bentuk dari Candi Sukuh ini sebenarnya cukup sederhana, mirip seperti trapesium dan kuil dari Suku Maya di Meksiko namun dengan bentuk bangunan yang tidak rapi dan sepertinya dulu dibuat dengan tergesa-gesa. Keberadaan dari Candi Sukuh ini sebenarnya cukup kontroversial karena memiliki beberapa relief yang menggambarkan erotisme. Bahkan tempat wisata di Solo ini memiliki beberapa mitos yang berkaitan dengan kesetiaan pasangan.

15. Candi Cetho

Candi Cetho Solo

Candi Cetho adalah tempat wisata berikutnya di Kota Solo yang wajib anda kunjungi jika sedang berada di Solo. Candi Cetho memiliki jarak sekitar 4 Km dari Candi Sukuh dan bisa kita tempuh hanya dalam waktu 2 jam saja dari pusat Kota Solo. Sama seperti Candi Sukuh, Candi Cetho ini juga merupakan Candi Hindu yang dibangun di masa kerajaan Majapahit.

Hingga saat ini, Candi Cetho masih aktif digunakan untuk tempat ibadah umat Hindu yang berada di sekitar area Candi sehingga jika anda berkunjung ke Candi Cetho, anda harus menaati peraturan yang ada. Salah satu peraturan di Candi Cetho adalah semua orang harus menggunakan kain poleng yang diikatkan di pinggang. Wisatawan akan langsung mendapatkan kain poleng ini ketika membayar tiket masuk.

16. The Heritage Palace Solo

Wisata Solo Hits Instagramable

The Heritage Palace Solo bisa dibilang menjadi tempat wisata gaya Eropa di Solo. Memang unik ada tempat wisata dengan gaya Eropa di Kota yang sangat identik dengan budaya dan tradisi Jawa. The Heritage Palace bisa dibilang sebagai tempat wisata baru di Solo sebab baru dibuka pada pertengahan tahun 2018. Tempat wisata di Solo ini pada awalnya adalah pabrik gula peninggalan dari Belkamu di tahun 1892 dan sudah mengalami revitalisasi untuk menjadi tempat wisata keluarga.

Bagi anda yang memiliki hobi selfie, pastinya anda akan merasa puas berwisata di tempat ini. Hal ini karena setiap sudut tempat ini sangat kental dengan nuansa khas Eropa klasik dan yang pasti sangat Instagrammable. Bahkan disini wisatawan bisa menyewa kostum untuk berfoto, selain itu ada bangunan yang mirip seperti Game of Thrones.

Bukan hanya itu saja, namun di sini ada juga museum 3D, omah Kwalik, Museum industri, museum transportasi dan juga Food Street dimana anda bisa mengganjal perut yang lapar setelah menjelajahi semua wahana yang ada pada The Heritage Palace Solo ini. 

Itulah pembahasan mengenai Rekomendasi 16 tempat wisata di Solo yang wajib Anda kunjungi. Semoga bermanfaat bagi pembaca setia MauLibur. Terima kasih.

 


Post a Comment for "16 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Anda Kunjungi"

Berlangganan via Email