Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Wisata Air Terjun Grojogan Sewu di Solo

Wisata Air Terjun Grojogan Sewu - Alam memang selalu menghadirkan berbagai macam pesona yagn tidak ada duanya. Selain terdapat tempat wisata gunung yang berdiri dengan kokoh, terdapat satu lagi tempat wisata alam yang tidak kalah indah. 

Air terjun adalah salah satu tempat wisata yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk melepaskan penat dan bisa menyegarkan hati serta pikiran kita. Nah bagi anda yang sedang berada di Solo, sepertinya anda harus mengunjungi tempat wisata air terjun di Solo yaitu Grojogan Sewu.

Air terjun Grojogan sewu ini terletak di bawah kaki Gunung Lawu. Dimana air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 81 meter yang mempunyai panorama indah dan tidak tertandingi oleh air terjun mana pun di Indonesia.

Lokasi Wisata Air Terjun Grojogan Sewu

Wisata Hits Solo

Wisata air terjun Grojogan Sewu ini terletak di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kecamatan Tawangmau, Kabupaten Karanganyar. 

Air terjun Grojogan Sewu ini berada di kaki Gunung Lawu atau sekitar 27 km timur kota Karanganyar. Secara garis besar sebenarnya air terjun Grojogan sewu ini berada di bagian kawasan Hutan Wisata Grojogan Sewu Karanganyar.

Air terjun Grojogan Sewu ini mempunyai dua pintu masuk yang dapat dipilih oleh pengunjugn untuk bisa memasuki kawasan tempat wisata Solo ini. 

Yang pertama adalah pintu masuk yang terletak di dekat Taman Balekambang, kemudian ada juga pintu masuk yang berada dekat dari River Hill. Masing-masing pintu masuk ke Grojogan Sewu ini mempunyai keindahan dan juga keunikannnya sendiri-sendiri.

1.     Pintu Masuk Pertama Grojogan Sewu

Pintu masuk pertama ke wisata air terjun Grojogan Sewu ini mungkin menjadi pintu masuk yang paling dikenal oleh masyarakat. Pintu masuk utama ini berada di dekat terminal Tawangmangu, sehingga membuat banyak wisatawan lebih memilih lewat ke pintu masuk utama Grojogan Sewu ini dibandingkan pintu masuk lainnya. 

Pada pintu masuk utama ini juga sangat ramai karena terdapat banyak sekali kuda yang berjajar sehingga akan menghadirkan pemandangan yang berbeda.

Jika masuk ke Grojogan Sewu lewat pintu utama ini, anda harus menaiki kurang lebih 1000 anak tangga yang mungkin akan sedikit menguras tenaga anda ketika ingin menikmati keindahan alam dari air terjun Grojogan Sewu.

2.     Pintu Masuk Kedua Grojogan Sewu

Berikutnya ada pintu masuk kedua di  wisata air terjun Grojogan Sewu, dimana anda bisa lebih bersantai ketika memasuki pintu masuk yang kedua ini karena jalurnya yang cukup landai. Memang sedikit menanjak dan bebatuan.

Namun tentu saja akan lebih bersahabat jika dibandingkan harus menaiki 1000 anak tangga sebelumnya. Ketika masuk lewat pintu kedua ini, Anda akan langsumg disambut dengan taman mini yang terdapat patung katak dan juga ular yagn sedang bertengkar. Kedua patung ini dialiri oleh air sehingga semakin membuat taman ini menjadi menarik untuk dinikmati.

Jika anda masuk lewati pintu kedua dari Grojogan Sewu ini anda akan bisa menemukan warung makan yang cukup spesial. Karena di warung makan ini terdapat menu khas dari Tawangmangu yaitu sate landak dan juga sate kelinci yang akan begitu nikmat dan lezat untuk dinikmati. Banyak orang yang ketagihan dan ingin makan kuliner khas Tawangmangu yang satu ini setelah mencobannya.

Keunikan Wisata di Grojogan Sewu

Yang membuat tempat wisata air terjun Grojogan Sewu ini menjadi menarik adalah karena banyak sekali kera-kera yang berkeliaran dengan bebas di sekitaran area Grojogan Sewu. Banyak kera yang bergelantung dengan bebas kesana dan kemari seakan-akan mengamati perjalanan kita menuju ke Grojogan Sewu. 

Namun meskipun menarik, anda harus berhati-hati ya terhadap kera-kera yang ada disini. Karena kera-kera ini bisa saja mengambil makanan yang sedang anda bawa secara paksa jika melihatnya.

Jangan sekali-kali melawan kera yang berada di sini ya. Karena ketika datang satu kera, maka kera yang lainnya akan ikut datang untuk mengambil makanan. Jadi biarkan saja mereka meminta makanan yang kita bawa jika tidak ingin kita terluka. Perlu anda ketahui jika kera-kera yang berada disini memiliki ukuran yang cukup bsar dan juga kuku yang tajam sehingga bisa membuat kita terluka.

Meskipun begitu, kera-kera yang ada disini tidak semuanya nakal kok. Anda juga bisa berfoto dengan kera-kera yang ada disini ketika mereka sedang duduk bersantai di jembatan. Apalagi terkadang ada juga yang akan narsis ketika anda berfoto dengan kera-kera yang sedang bersantai tersebut.

Mitos Di Air Terjun Grojogan Sewu

Sama seperti kebanyakan tempat wisata alam yang lainnya. Tempat wisata air terjun Grojogan Sewu ini juga memiliki mitos loh. Di tempat wisata air terjun Grojogan Sewu ini terdapat sebuah jembatan, dimana jembatan ini sangat terlarang untuk pasangan. Karena setiap pasangan yang melewati jembatan ini konon katanya hubungan mereka akan segera berakhir.

Baca Juga :Sensasi Liburan Ala Eropa The Heritage Solo

Harga Tiket Masuk Grojogan Sewu

Walaupun sudah terkenal seantero Indonesia, namun harga tiket masuk wisata air terjun Grojogan Sewu ini bisa dibilang sangat terjangkau, apalagi bagi wisatawan domestik. Bagi wisatawan lokal yang ingin menikmati keindahan alam Grojogan Sewu ini hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 20 ribu saja. Namun untuk tiket masuk wisatawan asing dipatok dengan harga yang berlipat-lipat yakni 110 ribu.

  • Tiket Masuk (Domestik) : Rp. 20.000

  • Tiket Masuk (Asing) : Rp. 110.000

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai wisata air terjun Grojogan Sewu di Solo. Semoga artikel ini dapat menambah referensi liburan Anda. Terima kasih.

Post a Comment for "Mengenal Wisata Air Terjun Grojogan Sewu di Solo"

Berlangganan via Email