Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taman Sriwedari : Tempat Wisata Sejarah Dan Budaya di Solo

Wisata Taman Sriwedari Solo - Surakarta atau Solo adalah salah satu kota sejarah yang ada di Jawa Tengah. Kota kecil ini menyimpan banyak sekali nilai budaya dan juga sejarah, apalagi dengan adanya Keraton Surakarta yang menjadi pusat sejarah dan kebudayaannya.

Selain itu, Solo juga memiliki Taman Hiburan Rakyat atau THR yang menjadi kebanggaan dari kota Solo yaitu Taman Sriwedari. Wisata Taman Sriwedari Solo sering dipakai oleh warga solo untuk nongkrong di sore hari, atau juga untuk menikmati berbagai macam fasilitas dan juga pertunjukan seni yang ada.  

Lokasi Tempat Wisata Taman Sriwedari Solo

Wisata Instagramable Solo

Wisata Taman Sriwedari Solo ini berada di pusat Kota Solo. Alamat lengkap dari Taman Sriwedari ini adalah berada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 275, Laweyan, Surakarta. Jarak antara Taman Sriwedari dengan Stasiun Purwosari ini sangat dekat, yaitu hanya sekitar 2 km saja. Bagi anda yang sudah memasuki wilaya Kota Solo tentu saja anda akan bisa dengan mudah menemukan Taman Sriwedari ini.

Daya Tarik Wisata Taman Sriwedari Solo

Wisata Taman Sriwedari adalah salah satu taman hiburan rakyat yang sangat menarik untuk kota Solo. Taman Sriwedari Solo ini sering menjadi tempat untuk diselenggarakannya hiburan malam selikuran. Taman Sriwedari Solo ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Nah untuk itu tentu saja, Taman Sriwedari ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin belajar mengetahui sejarah yang ada di Kota Solo. Berikut adalah beberapa daya tarik dari Taman Sriwedari Solo yang harus anda ketahui.

Sejarah Taman Sriwedari Solo

Wisata Taman Sriwedari Solo ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, tepatnya dibangun sejak era kepemimpinan Sultan Pakubuwono X pada 1 Januari 1902. Awalnya taman ini dibangun untuk tempat rekreasi dan juga hiburan keluarga kerajaan.

Konsep pembangunan dari Taman Sriwedari ini juga tidak sembarangan karena terinspirasi dari taman surga, oleh sebab itu kenapa taman ini diberi nama Taman Sriwedari. Karena sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, tentu saja objek wisata Taman Sriwedari Solo ini sudah mengalami berbagai perombakan.

Fungsi Wisata Taman Sriwedari ini juga mulai beralih dari yang dulunya sebagai tempat rekreasi dan juga tempat istirahat keluarga kerajaan kini menjadi pusat hiburan bagi masyarakat Solo. Di dalam taman Sriwedari ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam wahana dan juga fasilitas yang menunjang sebagai tempat hiburan keluarga.

Gedung Wayang Orang

Daya tarik Taman Sriwedari berikutnya adalah terdapat gedung wayang orang yang menjadi tempat pertunjukan wayang orang di dalam kompleks Taman Sriwedari. 

Kebanyakan cerita yang dipertunjukan adalah cerita yang diambil dari kisah Mahabarata dan juga Kisah Ramayana. Momen pertunjukan wayang orang ini sering dikolaborasikan dengan berbagai seniman atau komunitas wayang di Solo.

Gedung Wayang Orang Taman Sriwedari Solo ini mempunyai ornamen yang unik sehingga menjadikan Gedung Wayang Orang ini menjadi semakin cantik. Terdapat lukisan besar yang berada di atas dinding sebelah kanan dan kiri atas. Lukisan besar ini menggambarkan kisah Dewa Ruci, tokoh yang masih berkaitan dengan Pandawa Lima yaitu Werkudara.

Malam Selikuran

Malam Selikuran adalah acara keagamaan yang rutin dilaksanakan setiap bulan suci Ramadhan, tepatnya pada malam ke 21. Malam Selikuran adalah bagian dari tradisi Keraton Surakarta bersama Warga untuk menyambut malam Lailatul Qadar. Acara ini dimulai dengan melakukan kirab 1000 tumpeng dengan rute awal dari Keraton untuk menuju ke Taman Sriwedari.

Baca Juga : Wisata Air Terjun Grojogan Sewu

Tiket Masuk Wisata Taman Sriwedari Solo

Setelah melihat beberapa daya tarik dari wisata Taman Sriwedari Solo ini tentu saja anda tertarik untuk mengunjungi dan berwisata ke Taman Sriwedari Solo. Bagi anda yang ingin memasuki kawasan objek Tempat Wisata ini, anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 7000 saja. Jika anda ingin menyaksikan pertunjukan wayang orang di Gedung Wayang Orang, anda dikenakan tarif tiket masuk gedung Rp. 3000.

Itulah pembahasan mengenai wisata taman Sriwedari di Solo. Semoga isi artikel ini dapat dipahami pembaca sekalian. Terima kasih.

 


Post a Comment for "Taman Sriwedari : Tempat Wisata Sejarah Dan Budaya di Solo"

Berlangganan via Email