Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taman Balekambang Solo: Wisata Asri yang Layak Anda Coba

Taman Balekambang Solo - Jawa Tengah merupakan provinsi yang memiliki beragam tempat wisata budaya yang akan sangat menarik untuk dikunjungi. Banyak sekali tempat wisata budaya yang kaya akan sejarah yang bisa dikunjungi kita sekeluarga untuk menikmati keindahan kota solo. 

Salah satu tempat wisata di solo yang wajib anda kunjungi bersama keluarga adalah tempat wisata Taman Balekambang Solo.

Taman ini merupakan suatu kawasan hutan yang sengaja dialihfungsikan menjadi kawasan pariwisata. Bukan hanya ada pepohonan saja, tapi juga ada banyak sekali hewan yang tinggal dan bermain-main di taman balekambang ini.

Sejarah Taman Balekambang Solo

taman balekambang solo

Tempat wisata di solo ini dibangun oleh KGPAA Mangkunegaran ke VII pada tanggal 26 Oktober tahun 1921. Alasan dibangun taman balekambang ini adalah untuk dijadikan hadiah kepada kedua putri cantiknya yaitu Gray Partini Husein dan juga Gray Partinah Sukanta. 

Jika anda berkunjung ke Taman Balekambang ini pastinya anda akan langsung disambut dengan kedua patung wanita cantik yang merupakan kedua putri dari KGPAA Mangkunegaran ke VII.

Dulu kawasan ini dibagi menjadi dua buah area yaitu Partini tuin dan juga Partinah Bosch. 

Partini Tuin atau Taman air Partini sendiri berfungsi sebagai taman air yang digunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di dalam kota, area ini juga digunakan sebagai sarana hiburan dimana terdapat perahu yang dengan sengaja ditaruh di pinggir aur untuk wahana bermain. 

Sementara untuk partinah Bosch atau Hutan Partinah adalah berguna untuk menjadi paru-paru kota dan memberikan udara yang bersih untuk daerah taman Balekambang Solo, di kawasan ini terdapat tumbuhan pohon langka misalnya seperti beringin putih, apel coklat dan juga beringin sungsang.

Gaya pembangunan taman Balekambang ini mengadaptasi dua gaya yaitu gaya jawa dan juga gaya eropa. Pada bagian gaya jawa ini bisa anda lihat dari adanya bangunan yang sudah ada sejak dulu hingga sekarang. 

Sementara untuk gaya eropa Taman Balekambang ini dapat anda lihat dari kawasan area taman bermain Taman Balekambang ini.

Di masa KGPAA Mangkunegaran ke VIII taman balekambang ini beralih fungsi dimana awalnya digunakan untuk kerabat dekat dan keluarga saja, sekarang sudah bisa digunakan untuk taman berbagai masyarakat. 

Status kepemilikan taman Balekambang ini juga berubah, yang awalnya milik keraton diubah menjadi milik pemerintah daerah.

Saat sudah boleh dikunjungi oleh masyarakat luas, awalnya taman Balekambang mulai digunakan untuk berbagai tempat yang kurang baik seperti digunakan untuk pembangunan diskotik, pembangunan rumah ilegal.

Hingga pada akhirnya tahun 2007, Pemerintah Kota merevitalisasi kawasan Taman Balekambang dan digunakan menjadi tempat wisata.

Baca Juga

Wisata Sejarah Keraton Surakarta

Fasilitas Taman Balekambang

Setelah anda mengetahui bagaimana sih sejarah Taman Balekambang, kini saatnya anda mengetahui apa saja sih fasilitas yang ada di Taman Balekambang itu. Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan saat berkunjung ke Taman Balekambang Solo.

1.     Hotspot Area

Fasilitas pertama yang bisa anda nikmati ketika berada di Taman Balekambang adalah hotspot area alias Wifi Gratis. 

Salah satu masalah yang sering kita alami ketika sedang berada di area dengan pohon yang tinggi dan juga banyak orang di dalamnya adalah ponsel kita tidak bisa menangkap sinyal dengan sempurna. 

Nah untuk itu anda jangan takut kehilangan sinyal atau tidak bisa terhubung ke internet karena pada Taman Balekambang ini sudah terpasang dua tower untuk koneksi internet Wifi Gratis yang bisa digunakan oleh para pengunjung taman Balekambang.

2.     Wahana Kendaraan

Pada taman Balekambang ini juga terdapat beberapa kendaraan yang bisa anda sewa untuk mengelilingi seluruh wilayah taman Balekambang ini bersama keluarga tercinta. 

Misalnya terdapat mobil yang bisa digunakan untuk kapasitas 4 orang penumpang, kereta kuda, dan juga perahu kayuh. 

Hal ini sudah disediakan oleh pemerintah Kota Surakarta supaya pengunjung bisa menikmati keindahan dari Taman Balekambang dengan berbagai pilihan atau cara.

Daya Tarik Taman Balekambang Solo

taman balekambang solo

Taman Balekambang ini adalah salah satu ruang terbuka untuk publik yang bisa dimanfaatkan untuk siapa saja yang ingin berkunjung ke tempat ini. 

Taman Balekambagn solo bisa digunakan untuk menjadi tempat beristirahat atau untuk tempat bersantai, tempat untuk bermain anak-anak dan masih banyak lagi. Taman ini juga mempunyai beberapa daya tarik yang dapat digunakan dan anda nikmati bersama keluarga.

1.     Taman Air Partini

Taman air partini adalah tempat yang digunakan untuk penampungan air dan juga digunakan untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di kota. 

Taman ini terletak di bagian barat Taman Balekambang dan juga biasa dijadikan untuk tempat bermain bebek kayuh dan juga perahu yang bisa disewa oleh pengunjung.

Bebek kayuh yang terdapat di taman Air Partini ini memiliki kapasitas 4 hingga 6 orang dimana anda akan dikenakan tarif Rp. 10.000 setiap orang yang ingin menikmati wahana permainan Bebek kayuh ini. Anda juga bisa memancing ikan di taman air ini, terdapat ikan red tail catfish, peacock bass, black pacu dan juga arapaima pada taman air ini.

2.     Taman Reptil

Berikutnya ada taman reptil, dimana seperti namanya taman reptil ini terdapat berbagai macam reptil yang bisa dilihat oleh pengunjung. Taman ini juga menjadi salah satu area yang paling banyak dikunjungi oleh pengunjung karena terdapat batu asmara yang dipercaya oleh banyak masyarakat sebagai batu pecahan meteor yang jatuh di Solo.

3.     Taman Partinah Bosch

Daya tarik taman Balekambang berikutnya adalah Taman partinah Bosch. Dimana taman partinah Bosch ini digunakan dan memiliki fungsi untuk paru-paru kota sekaligus menjadi daerah resapan. 

Ada banyak sekali tanaman-tanaman yang tumbuh lebat di taman partinah Bosch ini, salah satunya adalah apel coklat, beringin putih, beringin sungsang dan juga kenari. 

Selain ditumbuhi berbagai macam tumbuhan langka, taman ini juga menjadi kawasan dari hidupnya rusa-rusa yang bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

Tiket Masuk Dan Jam Operasional Taman Balekambang Surakarta

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Taman Balekambang Surakarta. Tenang saja taman balekambang ini bisa anda kunjungi setiap hari karena buka dari Senin sampai Minggu mulai pukul 07.00 WIB hingga sore pukul 17.00 WIB. 

Bahkan para pengunjung tidak diminta tarif untuk mengunjungi taman balekambang ini, melainkan hanya membayar biaya wahana yang ada di taman Balekambang Solo.


Post a Comment for "Taman Balekambang Solo: Wisata Asri yang Layak Anda Coba"

Berlangganan via Email