Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Keluarga Taman Satwa Taru Jurug Solo

Taman Satwa Taru Jurug - Salah satu destinasi tempat wisata keluarga adalah kebun binatang. Banyak keluarga yang lebih suka berlibur ke kebun binatang karena seperti yang sudah kita ketahui jika anak-anak ini sangat suka dengan hal-hal baru.

Di kebun binatang, anak-anak akan melihat kumpulan hewan-hewan yang sebelumnya tidak pernah mereka lihat. Anak-anak akan melihat harimau, singa, dan masih banyak lagi hewan yang sebelumnya hanya bisa mereka lihat dari televisi saja. Salah satu tempat wisata keluarga kebun binatang yang ada di solo adalah Taman Satwa Taru Jurug, atau kebun binatang Jurug.

Sejarah Taman Satwa Taru Jurug

Taman Satwa Taru Jurug

Dulunya, sebelum menjadi sebuah taman satwa kawasan yang dipakai adalah suatu taman biasa yang memiliki berbagai macam permainan di dalamnya. Hingga pada tahun 1972, mulai didirikan taman satwa taru Jurug sebagai salah satu tempat hiburan dan juga rekreasi bagi warga di Solo dan Sekitarnya. 

Apalagi bagi warga karanganyar, karena kawasan ini berada di pojok Kota Solo, berbatasan langsung dengan kabupaten Karanganyar.

Semua ini juga bermula setelah taman Sriwedari mengalami perombakan atau renovasi, dimana semua hewan yang ada di taman Sriwedari tersebut pada akhirnya juga ikut pindah ke Taman Satwa Jurug. 

Kepindahan hewan-hewan tersebut tentu saja juga diikuti dengan dibentuknya yayasan bina satwa Taruna yang mengelola taman satwa taru Jurug. 

Yayasan tersebut memiliki fungsi untuk menjaga ekosistem hewan supaya tidak banyak yang mati dan tidak punah seperti yang terjadi di taman Sriwedari sebelumnya.

Terbentuknya yayasan dan juga Kawasan Taman Satwa Taru Jurug tersebut tentu saja langsung mendapatkan sambutan baik oleh wisatawan asal Kota Solo dan Sekitarnya. 

Sehingga sampai saat ini tempat ini menjadi salah satu ikon wisata untuk kota Solo. Yang menarik dari tempat wisata ini adalah kalian bukan hanya bisa melihat berbagai macam hewan-hewan yang ada disini, namun juga kalian bisa melihat monumen yang sengaja dibuat untuk menghormati salah satu legenda keroncong di Indonesia yang juga berasal dari Kota Solo. 

Sosok legenda tersebut adalah pak Gesang yang merupakan pencipta lagu bengawan Solo. Monumen tersebut dibuat karena konon katanya, lagu legendaris dari Pak Gesang tersebut dibuat saat beliau sedang duduk di taman ini.

Daya Tarik Taman Satwa Taru Jurug

Taman Satwa Taru Jurug Solo

Di sini para pengunjung bisa menikmati berbagai macam satwa yang ada mulai dari rusa timor, monyet ekor panjang, kuda poni, monyet tonkean, gajah hingga unta yang bisa dinaiki dengan membayar harga sewa Rp. 10.000. 

Kalian juga bisa menaiki gajah atau kedua ketika sedang berlibur ke tempat wisata di Solo ini. Kalian bisa mengambil gambar dan juga foto bersama burung kakak tua yang menggemaskan dan lucu.

Selain memiliki berbagai macam koleksi hewan atau satwa, Kebun binatang Jurug ini juga mempunyai berbagai macam wahana bermain yang bisa kalian nikmati seperti jungkat-jungkit, kora-kora mini, ayunan dan masih banyak lagi. 

Salah satu acara yang terkenal dari kebun binatang jurug adalah grebeg syawal yang diadakan setelah hari Idul Fitri, dimana banyak sekali orang-orang yang datang ke Taman Satwa Taru Jurug, bahkan banyak jua yang dari luar solo datang ke event tersebut.

Baca Juga:

Pura Mangkunegaran Surakarta

Untuk bisa memberikan edukasi kepada para pengunjung, terutama bagi anak-anak yang berkunjung ke kebun binatang jurug ini pada setiap kandang kebun binatang jurug sudah disediakan berbagai macam informasi lengkapi pada sisi luarnya yang meliputi nama satwa beserta nama latinnya, keterangan penting seperti asal daerah dan penjelasan singkat mengenai hewan tersebut.

Bahkan bukan hanya ada hewan saja di kebun Binatang Jurug ini, melainkan juga ada berbagai macam koleksi flora seperti pohon pinus, pohon cemara, munggur, akasia dan masih banyak lagi berbagai macam koleksi flora yang ada di kebun binatang Jurug ini.

Selain itu juga terdapat beberapa tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai dan juga beristirahat. Terdapat juga taman pelangi, dimana taman ini tersedia ribuan lampion dengan berbagai bentuk, seperti bentuk bunga kecil yang akan terlihat saat malam hari, lampion binatang, lampion naga.

Yang lebih seru lagi adalah Anda juga bisa menikmati suguhan dancing fountain atau air terjun yang bisa menari.

Lokasi dari air terjun yang menari ini berada di tengah danau kebun Binatang Jurug dengan lebar dancing fountain 18 meter yang bisa menembakkan air hingga ke atas setinggi 30 meter. 

Nantinya dancing fountain ini terdapat efek api dan juga efek lampu yang sangat menakjubkan. Apalagi kisah dari dancing fountain ini berkisah tentang cerita anak-anak.

Tiket Masuk Taman Satwa Taru Jurug

Bagi anda yang ingin berkunjung kebun binatang Jurug, berapa biaya yang harus anda keluarkan? tenang saja karena biaya atau harga tiket masuk dari Taman Satwa Taru Jurug ini cukup murah yaitu hanya Rp. 15.000 untuk weekday, dan juga Rp. 20.000 untuk biaya tiket masuk weekend atau hari libur nasional. Ditambah lagi untuk biaya parkir motor dan mobil yang bisa disesuaikan dengan kendaraan yang anda bawa untuk berlibur ke kebun binatang Jurug.

Post a Comment for "Wisata Keluarga Taman Satwa Taru Jurug Solo"

Berlangganan via Email